Coretan Untuk Bapak Ahok, mereka yg mencintainya dan yg membencinya

Untuk Bapak Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yg saya hormati..

Saya hanya 1 diantara ratusan, ribuan bahkan jutaan org yg mengagumi bapak..
Mungkin bapak tidak akan mengingat saya, tapi saya tidak akan melupakan cara bicara bapak yg apa adanya, cara bapak berbicara kepada kami pencari berita yg tdk bapak buat2 bahkan bapak tidak takut utk (tidak) disukai oleh beberapa org yg lebih menyukai kata2 yg manis..

Saya ingin berterima kasih kepada bapak (kalimat ini juga yg pasti ingin disampaikan ribuan org yg merasakan hasil kerja keras bapak utk Jakarta) atas apa yg sudah bapak lakukan utk kota ini.. KTP saya bukan Jakarta pak, tapi saya lahir disini.. saya lahir di rumah sakit yg masuk wilayah Jakarta, saya besar di Jakarta karena itu rasa cinta saya terhadap kota ini juga sangat besar pak.. dan saya yakin cinta bapak kepada kota Jakarta sama dgn cinta saya dan warga Jakarta terhadap kota ini..

Pak Ahok, saya bertemu bapak hari itu dan langsung dibawa naik bus utk melihat kondisi tempat pengungsian saat banjir di tahun 2013.. bapak mengajak media utk melihat pengungsian dan langsung ke rusunawa.. Saya ingat sekali pak, saat itu di rusunawa hanya baru beberapa keluarga yg mau menempati tempat tersebut.. begitu bapak datang semua yg mau berkeluh kesah kepada bapak (sampai mengenai kasur) bapak tanggapi dengan cepat.. iya pak, semua cepat.. secepat pembangunan di Jakarta saat ini.. Memang macet pak, tapi ada hasilnya pak dan terlihat dgn jelas..

Saya kagum pak, sungguh.. ☺️bapak org yg baik.. Hanya bnyk org yg tdk tau dan tdk sadar bahwa tidak ada yg sempurna pak.. Begitupun bapak.. bapak bukan Tuhan yg tdk ada cacatnya sedikitpun, bapak manusia biasa yg bisa salah.. Tapi pak, org2 yg membenci bapak pun juga manusia pak, mereka tdk sadar bahwa mereka menebar kebencian di hati mereka, nantinya itu pula yg akan tumbuh di hati dan diri mereka pak.. tanpa sadar kebencian itu membuat mereka terpecah dari keluarganya, sahabatnya, temannya dan itu tanpa disadari pak.. dan itu buah dari rasa yg paling saya,mungkin bapak dan juga orang2 itu tdk suka "Kebencian"

Aah bapak, saya bukan siapa2 pak.. tapi saya sangat sedih saat ini.. Saya sedih kenapa Indonesia menjadi seperti ini.. Saya anak Indonesia pak, teman saya dari berbagai agama, bahkan di keluarga saya pun mengajarkan perbedaan itu.. teman2 saya pun dari suku dan ras yg berbeda pak, dan saya yakin ketika kita tidak mengetahui agama yg lain kita pasti juga bisa salah berbicara.. kadang bahkan dijadikan bahan bercandaan, itu jg tanpa disadari pak.. kita menyakiti hati teman kita atau saudara kita yg berbeda agama, suku maupun ras pak.. tapi sekali lagi pak, mereka tdk menyadari hal itu.. mungkin sama dgn kondisi bapak waktu itu..

Dari kecil yg diajarkan kepada saya adalah "Islam itu tdk membenci, Islam itu cinta kedamaian, Islam itu memaafkan" tapi kembali lagi pak, manusia itu adalah ciptaan Tuhan yg paling rapuh pak.. Diciptakan mempunya akal, pikiran dan hati.. tapi yg terpenting "hati" itu yg justru tdk dipakai pak.. termakan dengan emosi, emosi yg tdk kesudahan pak.. Tapi saya yakin hati bapak sebenarnya baik pak, biar nanti waktu saja yg menjawab ya pak.. Maafkan ya pak org2 yg membenci bapak, krn saya yakin bnyk org yg juga memaafkan bapak..

Baru hari ini saya memberanikan diri utk menulis pak.. Krn saya melihat betapa hebatnya jiwa persatuan dan kemanusiaan itu ketika cinta yg berbicara pak.. ketika lagu "Rayuan Pulau Kelapa" merayu hati, telinga dan mata ini di balai kota tadi pagi pak.. Hanya nyanyian pak, tapi itu cinta pak.. bukan materi ataupun paksaan pak.. Cinta dan doa dari orang2 yg mencitai bapak..

Setelah tulisan ini saya post, entah apa yg ada di pikiran keluarga, sahabat maupun teman saya pak.. Tapi yg saya tau, tergantung buah apa yg mereka rasakan ketika membaca tulisan ini.. Buah yg rasanya manis berarti cinta atau justru yg pahit dan penuh kebencian.. Biarlah mereka yg menilai pak.. sekali lagi saya, bapak, mereka hanya manusia pak..

Sekali lagi terima kasih pak Ahok, utk kerja keras bapak, utk cinta bapak kepada org2 yg mencintai maupun membenci bapak.. Terima kasih sudah membuat Jakarta ini menjadi lebih baik krn kerja bapak.. Biarkan kebaikan itu menjadi pahala bapak, dan dosa bapak hanya Tuhan yg akan menilai dan membalasnya, ingat ya pak bukan manusia2 yg tanpa sadar jg membuat dosa dgn menebar kebencian yg akan membalas bapak..

Tetap tegar ya pak Ahok, hanya itu yg bisa saya ungkapkan sebagai rasa kagum saya terhadap kerja keras bapak.. dan tentunya doa saya dan org2 yg mengagumi bapak.. ☺️

(Dengan tulisan ini saya tdk berharap akan lahir kebencian yg lain.. Saya hanya mau mengungkapkan apa yg saya dan hati saya nilai dan rasakan.. Sepertinya hal nya setiap org yg mempunyai hak utk berpendapat dan mengeluarkan isi hatinya.. dan ingat kebencian itu bukan jalan keluar utk menyelesaikan masalah.. saya tetap manusia biasa dan saya cinta INDONESIA dgn segala perbedaannya)

Komentar